visitor stats
Shoutbox
menshorthair: LUCU JUGA MONYETNYA
bubba: kemana aja oom? koq ga pernah diapdet lagi sih?
sarah: ah jarang ngeblog lage neh? abis kena bom yah coy?
Juwie: Monyet seksi jd dianggurin nich..
Juwie: oo.. Pantesan aja.. gi ngoprek FJBex nya toh.. moga makin sukse d..
ZeAL: lg ada proyekan..
Juwie: Caq, kok skrg update nya cm sbulan skali, gi da proyek baru kah atow msh disiksa???
9oliwet: gada update ya...*sigh* pulang lage...
sarah: tapi gak tau juga klo beneran menghalau stress atau malah jadi pemicunya...wkwkwk..canda, kapan nih bikin topik baru, topik Manohara-Fakhry juga ok tuh mas nyet caem..(nah udah dipuji tuh...entar bayar yah...heheh) bubay
sarah: lama ya gak jumpa di blog ini, mudah2an msh ingt ma gw hahahh...gw promosiin nih blog di buletin TAGGED gw, sbg penangkal stress
poztmow: jjs (jalan-jalan subuh)..... narsis abis....... tapi hebat..... Kenali Negeri mu, Cintai Negeri mu
bejo: itu berarti blom keload sempurna web nya.. seharusnya ada latar belakang image coklat, jadi tulisannya keliatan jelas..
9oliwet: mampir lagi setelah sekian lama...ko jadi gak kebaca ya om..backgroundna burem aku harus blog dlu tulisanna baru bisa baca..kenapa begitu?
ass: permisi, numpang pipis... he...he... piss....
sino: nice blog pak
Garmin: hehe.. lam kenal
Zebhi: Om-nya ini yg punya Fjbex ya???
nay: hehm..... om monyet pinter ya...
macancerdas: sakit :)) tapi agak bingung jg ya baca blog lo...bisa nyasar aja gitu gue
Zebhi: Hehee. Monyetnya pinter juga tuch. Dpt dr mana Kang??? Blh disewa gak buat naikin traffic?? :D
Go to page: 1 » 2 » 3 » 4 » 5 » 6 » 7 » 8 » 9 » 10 » 11 » 12 » 13 » 14 » 15 » 16 » 17 » 18 » 19 » 20 » 21 » 22 » 23 » 24







Monyet Pinter

Monyet tapi pinter... Pinter tapi monyet...

Manado dan Eneg

Alow, epribodi...

Akhir minggu lalu gue baru pulang dinas dari Manado. (Buat yang gak tau, kayak gue sebelumnya, ternyata Manado ada di Sulawesi Utara). Gue kesana dalam rangka membantu sosialisasi e-Procurement alias Pelelangan Online untuk pengadaan barang dan jasa di Departemen PU. Jadi tugas gue disana adalah mempersiapkan sarana untuk pelatihan, misal kabel jaringan, seting server, nyiapin switch, dan sebagainya.

Di Manado gue berangkat hari Rabu dan pulang ke Jakarta hari Sabtu. Ini bukan pertama kalinya gue di manado, sebelumnya gue sempet mampir pas Tour 3 kota pada tahun lalu .

Berikut catatan singkat waktu gue ada di Manado...

Hari I (Rabu)

Gue janjian sama bos gue untuk berangkat bareng dari kantor. Lumayan nebeng.. irit ongkos bus Damri Rp. 15.000. Jam 6 pagi gue dah nongkrong di depan pos Satpam. Ditemani para satpam yang melirik curiga ke gue karena gue pake sandal jepit, celana jeans kumel, kaos, tas bolong2, muka brewokan gak niat (baru 4 hari gak cukur jenggot/kumis) dan mata jelalatan. Dikiranya gue mo nyolong pentungan satpam kali..

Lama kemudian akhirnya bos gue dateng. Dan gue melompat naik ke mobilnya menuju bandara.

Gue naik Lion Air, soalnya katanya pesawatnya baru.. Iya, baru.. baru dipake 5 tahun..
Dan yang paling gue gak doyan kalo naik pesawat itu adalah posisi kursi yang terlalu mepet. Gue dengan tinggi 176 cm aja dah kesempitan pas duduk, apalagi bule2 yang tingginya bisa 2 meter. Si bule biasanya bukan duduk diatas bangku tapi jongkok diatas bangku, saking sempitnya tempat duduk...
Pokoknya masih lebih nyaman duduk di bis kopaja... Dan yang bikin perut melilit, Lion Air cuma ngasih air aqua gelas.. Itupun merknya bukan Aqua, tapi apalah itu.. merk gak terkenal.. Jangan2 cuma gelas plastik bekas, diisi air keran rebusan, trus disegel... Euuuwwww...

Setelah sekitar 2 jam, pesawat transit di Makassar (Gue gak tau makasar ada di propinsi mana. Sumpah! Gue peta buta!). Nah, pas pesawat mendarat kayaknya pesawatnya kena angin dari samping, jadinya pendaratannya lumayan kasar dan sempet badan gue muter beberapa derajat, yang artinya pesawat sempet gak sejajar dengan landasan.. Hiii... sport jantung juga.. Sekelebat gue teringat instruksi penyelamatan yang dipertontonkan secara ogah2an oleh mbak2 pramugari yang caem2.. Satu2nya yang gue inget adalah catatan pribadi gue: Kalo ada kecelakaan, jangan panik.. Kalo gue panik, paksa orang di sebelah gue untuk jangan panik.. Jangan berjalan menuju kearah cahaya kalo misalnya tiba2 gue ada di dalam lorong gelap.. dan jangan cari cewek yang makeup nya tebel..

Gak lama transit di Makasar, selang 15 menit gue dah masuk lagi ke pesawat untuk menuju Manado.

Selang 1 jam lebih kemudian, gue dah sampe di Manado.. Disana dah dijemput para panitia pelaksana.. Meluncur deh kita ke hotel.. Nama hotelnya, Hotel Quality.. Hotel baru, jadinya masih bagus banget... Disebrangnya ada mall baru jadi, persis disebelah pantai... Jadi bau laut campur kenalpot, tercium di sini..

Oia, kita sempet mampir makan siang dulu di rumah makan deket bandara. Dan disana ada buaya gede banget... 

 

 Buaya Air (Kiri) dan Buaya Darat (Kanan) 

 

Gue baru tau setelah disini kalo rencananya kita bakal main ke Bunaken.. Walau gue cuma bisa berenang gaya Gedebong Ngambang, tapi gue tetep antusias untuk bisa ikut. Sialnya, gue gak bawa celana pendek. Gue tidur pake celana panjang yang digulung.. Jadi sorenya gue pergi ke mall sebrang jalan untuk nyari celana pendek.

Mall nya sepi minta ampun.. Dan barang2nya termasuk mahal.. Celana pendek aja gue dapetnya sekitar Rp. 50.000. Itu udah yang paling murah. Sisanya sampe diatas Rp. 100.000. Padahal di pasar minggu, gue bisa dapet dengan harga RP. 15.000. Tapi gak pa2.. demi Bunaken.. Ya gak?

Kebetulan di mall saat itu lagi ada acara lomba tarian daerah.. Ada tingkat SD, SMP, SMA dan Umum.. Ini bagus banget untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Dan biar jangan sampe diakui jadi budaya negara Maling-sia.

 

 

 
Lomba tari Maengket. Kalo di daerah lain mungkin ada tari MaLampir
 

 

Nonton sebentar, trus gue & temen2 dari PUSDATA pergi ke belakang Mall mo liat pantai... Ternyata di area belakang ada yang lg latihan..

 

 

 
Gue mejeng didepan MCC (Manado Convetion Center) persis dibelakang mall.
Lagi pada latihan nari, kayaknya mereka pada grogi setelah gue liatin. (Entah grogi atau takut, only God knows..)

 

 

Foto2 dan bengong sebentar akhirnya kita balik ke hotel. 

 

 

 Buaya Darat I dan Buaya Darat II, sibuk foto2 buat di Friendster-nya masing2..

 

Malemnya gue dan panitia pada makan diluar.. Napa restorannya gue lupa, tapi namanya rada2 aneh gitu.. Dan kalo lo baru dateng, nanti pasti pelayannya mbunyiin bel kapal gede yang ada didepan. Pasti yang pernah makan disitu bakal tau, udah ciri khas nya kayaknya..

Selesai makan, balik ke hotel. Dan gue kudu ngawasin pemasangan jaringan buat acara besok pagi. Dan selesai jam 2 pagi! Gue sampe tidur2 ayam, padahal ngantuknya dah kayak ada king kong gelayutan di bulu mata gue.. Beraaaat...

 

 

Hari II (Kamis)

Bangun jam 6an, mandi dan dandan yang rapi. Turun buat sarapan. Naik lagi ke kamar untuk tidur singkat. Yang penting jaringan dah beres. Jam 10an gue turun lagi ke ruang acara-nya dan ternyata ada beberapa kabel yang bermasalah. Untung gak semua peserta dateng, jadi gue bisa pake kabel2 yang gak kepake.

Acaranya membosankan dan setelah makan siang, gue naik lagi ke kamar buat tidur lagi. Tau2 dah sore dan gue turun lagi ke ruangan. Sekedar setor muka aja.

Akhirnya acara selesai dan gue naik lagi ke kamar. Tidur2an sebentar trus mandi. Malemnya kita makan di deket hotel. Menunya biasa: Ikan! Pulang dari makan, kita pergi karaoke. Untungnya ke tempat karaoke yang lempeng2 aja.. Family karaoke, Happy Puppies.. Nyanyi kucing garong dengan suara pas-pasan..  

 

 

Hari III (Jum'at)

Acara hari terakhir.. Gue lebih santai.. Hampir setiap saat gue di kamar, Tidur! Selesai jumat'an, gue balik lagi ke kamar. Bosen dikamar akhirnya gue pergi sama temen2 dari Gorontalo. Jalan2 aja, sekalian gue nyari oleh2. Setelah tidak menemukan apapun, akhirnya gue balik ke hotel. Mandi, ganti baju trus pergi lagi makan pisang goreng pake sambel.. Enak banget!!!! Trus makan klapertart, daging kelapa muda di kasih cream dan dipanggang. Enak tapi kalo terlalu banyak, agak eneg juga. 

Setelah makan sampe perut kayak mo meledak, akhirnya kita balik ke hotel. Trus malemnya keluar lagi, dan lagi-lagi: MAKAN! Gile! Perut gue serasa kantong ajaib doraemon. Apa aja masuk!

 

 

Hari IV (Sabtu) 

Sesuai rencana, kita mo pergi ke Bunaken. Gue dah pake celana pendek baru yang di dobel celana jeans. Siap2 mo main air! Setelah nyarap dengan buah2an (perut gue masih kenyang banget, sisa makanan semalem), akhirnya kita berangkat. Udah ada kapal kecil yang nunggu kita. Kapalnya jenis yang tengahnya terbelah, jadi ada semacam kaca yang bisa diturunin biar bisa lihat ke bawah air tanpa mesti berbasah-basah. Berhubung masih pagi sekitar jam 7an, jadi lautnya masih bersahabat. Gelombangnya gak terlalu besar. 

 

 

 Toilet yang aneh

 

 

 

 Bunaken, here I come..!!

 

 

Gue duduk di depan, menikmati hembusan angin laut. Gue sebenernya gak gampang mabok laut, tapi kesalahan fatal gue adalah membaca dan mengetik dan mengirim sms, Setelah beberapa kali terima dan kirim sms, akhirnya ditengah2 perjalanan gue mabok laut. Sumpah! Eneg banget perut gue. Tapi tengsin kalo gue muntah. Masa gue kalah sama ibu2 yang kebeneran satu kapal ma gue. Akhirnya gue cuma diem aja sambil memejamkan mata. Kalo orang yang liat gue saat itu, gue kayak lagi semedi nyari inspirasi atau sekedar nahan kentut.

 

 

 

 Masih cengar cengir, belum mabok. Kiyut-imut-marmut, kan muka gue?

 

 

Nah, kan ada beberapa pulau.. Gue dah berharap banget bakal berhenti di pulau pertama, gue dah gak tahan banget maboknya. Eh, ternyata perkiraan gue meleset. Pulau pertama dilewatin menuju pulau selanjutnya. Mual gue makin menjadi2. Sampe akhirnya pulau ke dua mulai mendekat, gue dah harap2 cemas. Eh, kejadian.. Kapalnya belok menuju pulau terakhir. Monyong! Udah perut eneg minta ampun, si ibu2 yang satu kapal ma gue berisik banget. Setiap kapal goyang, si ibu2 histeris nanya2 ke pemandu-nya.. "Pak, ini gak pa2 kan yah?", "Aduh pak, ombaknya ko jadi gede sih?", "Pak! Kok gak ada kapal lain deket kita? Ntar kalo kapal kita pecah gimana?".. Dasar monyong!

 

 

 Pantai dengan jarak beberapa ratus meter lagi...

 

Gak lama kemudian, beberapa ratus meter dari bibir pantai kapalnya berhenti. Shit! Dikit lagi padahal sampe! Dan para kru mulai nurunin kaca untuk ngeliat ke bawah kapal. Oh well.. Gue nikmati saja dulu ngeliat pemandangan laut.. Ntar di darat, yang jaraknya cuma beberapa ratus meter, gue bisa ngilangin mual sambil main air dan pasir. 

 

 

 Lagi sibuk nurunin kaca buat ngeliat dasar laut

 

 

Kapal berhenti total, tapi goncangannya makin keras. Gue ngintip dari kaca, pemandangan bawah laut yang indah. Ikan warna warni berseliweran. Tiba2 ada palung yang dalem banget. Kata si pemandunya, dalemnya sekitar 50m. Wew.. Gue berenang di kedaleman 1 m aja panik, apalagi 50 m.

Kapal bergerak pelan2, menyusuri pinggiran palung. Tiba2 ada segerombolan ikan dateng dari arah laut lepas. Banyak banget! Sekali lagi gue ngelongok ke dasar kaca, sambil nahan keinginan buat muntah, gue mencari2 kemana gerangan spongebob dan si patrick. 

 

 

 

Keliatan burem, tapi masih lebih jelas dibanding ngeliat di "aquarium remang-remang" 

 

 

 

Kapal yang menjaga ketentraman laut, ironisnya orang bule yang mencetuskannya  

 

 

Setelah bosen liat2 dasar laut, gue dah siap2 tersenyum lebar, membayangkan kaki gue bisa menapak tanah dengan segera. Gue pengen main pasir, pengen jalan2 di pantainya, pengen ngasih makan ikan2 di bibir pantai. Tiba2 si ibu ngomong; "Pak, kita gak usah ke darat! Puterin aja pulaunya trus kita langsung pulang!". Busyeeeet.. Ini Ibu minta di cemplungin yah! Udah kagak berhenti di darat, ini malah pake acara muterin pulau segala.. Perut gue udah kayak di kocok2.. Gak lama, ibu yang satunya nanggepin, "Gak usah, langsung pulang aja! Takut kesiangan. Ntar ombaknya tambah gede!". Huh! Ya udeh, mendingan langsung pulang aja deh daripada muterin pulaunya. 


 

 Akhirnya, selesai juga perjalanan gue. Perut gue rasanya dah gak karuan.

 

 

Gak lama, kapalnya muter arah dan menuju kota manado. Gue duduk di pojok. Nahan eneg. Mata merem. Mikirin sesuatu yang positif. "Sedikit lagi sampai! Dunia ini indah! Eneg gak seberapa dibanding sakit perut! Kalo gue muntah, itu sama saja memberi makan ikan!".  Kira2 1 jam kemudian, akhirnya gue sampe di daratan. Kalo gak ada orang, udah gue cium tuh aspal.

Abis itu semua naik mobil untuk menuju hotel. Pas di depan hotel PERSIS, mobil disetopin polisi gara2 gak pake sabuk pengaman. Supirnya gak pake, gue juga gak pake. Nahan muntah mana kepikiran pake sabuk! Akhirnya supir turun ngurus surat tilang, gue masuk ke hotel. 

 

 


 Pak polisi mejeng, abis nilang mobil yang gue naikin.

 

 

Siangnya sekitar jam 11.30 gue check out dari hotel. Kumpul di lobby untuk ngambil tiket pulang dan oleh2 dari panitia. Dan akhirnya kita berangkat menuju bandara. Lagi2 kali ini gue naik Lion Air. Sambil nunggu boarding, gue sempet makan nasi goreng dan ice tea 2 gelas. Dan sampai saat itu, gue masih ngerasa eneg gak ketulungan.

Setelah berjam2 di perjalanan, akhirnya gue sampe di bandara cengkareng, jakarta. Naik bus damri ke arah blokm, dan saat itu gue masih eneg. 

Turun di sebelum semanggi, trus gue lanjut naik taxi. Dan gue masih eneg!

Akhirnya sekitar jam 9 malem, akhirnya gue sampe di rumah dalam keadaan masih eneg!

 

...

 

...

 

...

 

Dan besok paginya gue masih eneg! Gila, ini eneg mirip bau kentut gue, lama banget ilangnya! 

 

 

Demikian perjalanan gue ke Manado. I have lots of fun, stress and memories.. campur aduk kayak gado2.. Dan mudah2an dimasa mendatang gue bisa balik lagi kesana.

 

 

PS: Enegnya hilang 2 hari kemudian. Sampe gue kudu bolos kantor segala.

item rate
Total Votes: 1 - Rating: 5.00

Please rate this item:

    Add to Technorati Favorites

Previous Posts

Be Notified On New Comment

Subscribe for updates
Click here to manage subscription

Comments

piz wrote:

ah.........dasarnya aja males ngantor! gila buaya di manado mirip banget sama buaya di it-which-must-not-be-named! hehehehehehehhe....

pha wrote:

tumben gak pake narsis?? mau sok misterius yak?? telat!! uda ketauan dulu gimana tampang asli monyetpinter dari postingan sebelum2nya :p

[ZeAL] wrote:

@piz: iya, mirip banget.. Gue aja sampe kaget dan terkagum-kagum..
Pssstt.. Buaya darat-nya gak tau kalo fotonya mejeng disini..



@pha: Iya, lagi pengen terkesan misterius-kakus-mampus.. Hah! Ada tho foto ku? Hmm.. biarin aja deh.. Siapa tau ada yang jeli memperhatikan.. kayak kamu gituh.. hehe..

enon enie wrote:

ya ampun makasar itu di sulawesi selatan
ampun dah...ms gt aj kga taukk
dasar buta peta [bukan peta buta]..!!

hayo gw bilangin buaya daratnya loch??
gile oom gendut nampang jg euy *sambil geleng2*
hehehehe

ZeAL wrote:

lha saya kan ndak pernah bergaul dengan peta.. Beda dengan sampeyan yang nyari makan dari bikin peta, jadi sampeyan yang wajib tau thoo...

Saya cuma tau daerah blok m, kalibata dan sekitarnya... kalo dah diluar itu, saya ndak hapal... Kalo pergi2, saya cuma modal insting merpati aja...


Idih.. beraninya ngancem.. Mbok jangan githu tho, ndok.. mendingan sampeyan nraktir saya... Lagian si Buaya Darat I dan II akan merasa bangga bisa mejeng di blog ini...

buaya darat insyaf wrote:

hmm......hmm........
aku si buaya darat mengucapkan terima kasih atas dipajangnya foto ku yg OK..
ga nyangka jg...
kok foto yg mukul gong buka acara ga dipajang...
untung foto2 waktu kita dikamar ga lu pajang jg....bisa2 ke-buaya darat-an gw luntur....
buat cewe2 yg ngasih komen..gw sebenernya dah insyaf loh....
tuk info jg..tu da foto hasil jepretan gw loh..pake karet gelang...eh salah pake HP berkamera 3.2MP,lumayan yah hasilnya...

bprasetio wrote:

ah.. jadi inget juga waktu gw ke Manado..

seumur-umur, 3 kali gw ke Manado, yang terakhir baru bisa 'nyangkut' di Bunaken.

Wah.. sayang banget dikau gak snorking atau diving nyebur ke dalam.. wuihhh asik bro.. Indah dan asik banget, sampai gw ama temen gw nyebur ke laut untuk rebutan nangkep ikan pake ember, tapi gak bisa - bisa.. dasar bego.. ngapain juga ikan mo ditangkepin kalo mo dilepasin lagi, hehehehehe...

kayaknya dikau musti ngusulin ke bos tuk balik lagi ke sana, sekalian menyembuhkan 'phobia-eneg' mu itu.. :D

Ah tapi sayang, gw gak bisa sepenuhnya menikmati keindahannya, karena pas nyelam gw gak bisa pake kacamata, jadi kabur deh.. :(

Tapi yang jelas, disana gw puas (malah hampir eneg juga) banget makan ikan, kepala ikan se-gede baskom pernah gw makan... hmm nyam3x...

[ZeAL] wrote:

wah.. lo enak bisa berenang.. Lha, gue bisa ngambang aja udah syukur..


Tp gue emang pengen balik lagi kesana.. Tahun anggaran depan kayaknya ada kegiatan di Manado, mudah2an kali ini bisa tuntas urusannya.. hehe..


oia, pake goggle yang nutupin seluruh kepala aja.. Yang dipake buat nyelem jaman dulu itu loh.. jadi kan bisa pake kacamata.. Kalo gak ada alatnya, pake ember transparan aja.. haha..


Busyet, kepala ikan segede baskom.. Gue gak nyangka lo bisa khilaf juga.. ckckck..

anno- wrote:

wuichhh enaknya yg bisa ke manado palagi ke Bunaken...diving yg di bali ja gw udh tajub banget palagi bunaken y....manado adlh kota impian gw selanjutny..da yg berbaik hati ngasih tiket gk y?....wekekeke

mey cube wrote:

Setelah bosen liat2 dasar laut, gue dah siap2 tersenyum lebar, membayangkan kaki gue bisa menapak tanah dengan segera. Gue pengen main pasir, pengen jalan2 di pantainya, pengen ngasih makan ikan2 di bibir pantai. Tiba2 si ibu ngomong; "Pak, kita gak usah ke darat! Puterin aja pulaunya trus kita langsung pulang!". Busyeeeet.. Ini Ibu minta di cemplungin yah! Udah kagak berhenti di darat, ini malah pake acara muterin pulau segala.. Perut gue udah kayak di kocok2.. Gak lama, ibu yang satunya nanggepin, "Gak usah, langsung pulang aja! Takut kesiangan. Ntar ombaknya tambah gede!". Huh! Ya udeh, mendingan langsung pulang aja deh daripada muterin pulaunya.

Jd cm d atas kapal yaa..??? uuMMm.. gak asyik kLo k BUNAKEN truz cm d ats kpal.. Indah na Bunaken terasa kalo nyelam + liat pemandangan laut na!!! asyik lho ^__^

Add Comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it